IMG-20220807-WA0292-4a34a920
Kabar Aspirasi

Warga Kampung Cilangkap Desa Babakan Kembali Betonisasi Jalan Lingkungan Dengan Swadaya Masyarakat Dan Gotong Royong

40 Views

Kabupaten Bogor – Tanpa peduli matahari pagi menyengat kulit, sejak Pukul. 07.00 warga Kampung Cilangkap Desa Babakan Kecamatan Ciseeng bergotong-royong membangun jalan lingkungan.

Minggu pagi, 7 Agustus 2022 warga berkumpul bahu membahu betonisasi jalan yang sekian lama kalau hujan becek dan licin, dan disaat kemarau selalu berdebu.

Warga Kampung Cilangkap Rt. 009/Rw. 08 bergotong-royong mewujudkan impian mereka selama ini untuk memiliki jalan lingkungan yang nyaman. Ada yang membantu dalam bentuk material semen, pasir dan batu split, tanpa ada bantuan dari pihak manapun.

Tidak kurang dari 70 warga Kampung Cilangkap (bahkan diprediksi ada 100 warga) turun dan menyingsingkan lengan baju, bahu membahu melaksanakan betonisasi jalan lingkungan tersebut.

Ketika Gardatipikornews hadir di lokasi betonisasi di Rt.009/Rw.08 Kampung Cilangkap disambut ramah oleh Ketua Rt. 009 Makmur yang akrab disapa Rt. Soleng, Ketua Rw. 08 Zaenal, Purwanto (Mas Pur), Suryadi Syahputra (Kang Yadi), Sesepuh H. Asmin serta warga yang sibuk mengecor jalan lingkungan tersebut.

Rt. Soleng didampingi Rw. Zaenal, Mas Pur dan Kang Yadi mengatakan kepada Koordinator Bogor Raya Gardatipikornews.com, sekian tahun lamanya warga Kampung Cilangkap Rt. 009/Rw. 08 mendambakan jalan di lingkungannya dibetonisasi, tetapi sekian lama hanya menjadi sebuah mimpi tak berwujud.

Sementara warga yang melintas di jalan tersebut selama ini sangat tidak nyaman, karena kalau hujan sering digenangi air kotor, becek dan licin. Sedangkan ketika musim kemarau tiba, jalan penuh debu tanah yang bisa merusak kesehatan. Maka dari itu kami warga Rt.009/Rw. 08 musyawarah dengan tokoh ulama dan tokoh masyarakat, gayungpun bersambut. Maka dengan segera warga Kampung Cilangkap Rt.009/Rw.08 membeli semen, pasir dan split, warga dengan swadaya mengumpulkan dana tanpa bantuan dari pihak luar sama sekali.

“Kami warga Kampung Cilangkap bahu-membahu mengumpulkan dana, beramal membangun jalan untuk kepentingan bersama. Jalan yang dibetonisasi sepanjang +/- 250 m dengan lebar 2,5 s/d 3 m, ketebalan 10 cm.” Sambung Rw. Zaenal dengan penuh semangat.

Kang Yadi sebagai inisiator, didampingi Mas Pur menambahkan: “Saya memberi apresiasi penuh kepada warga disini yang merasa tergerak memperbaiki jalan lingkungan. Mereka kumpulkan dana membeli pasir, semen dan split untuk kenyamanan warga saat melintasi jalan di lingkungannya sendiri. Yang lebih dibanggakan dalam pembangunan ini, ada warga domisili bernama Mardiono tinggal di Cibubur, memiliki lahan disini, ikhlas menghibahkan lahannya +/- 150 meter untuk masyarakat dijadikan jalan lingkungan. Subhanallah…”

“Sementara itu tidak hanya warga kaum bapak saja yang sibuk mengecor jalan, kaum ibupun sangat kompak saat kegiatan betonisasi dilaksanakan. Para kaum ibu membuat tidak kurang 100 bungkus nasi, juga kopi dan minuman. Terimakasih kami haturkan kepada para Srikandi: Maryam, Bu Rt Soleng, Lia, Lela, Nani, Indri dan Masarah.” tambah Kang Yadi dengan suara bergetar karena kekagumannya pada warga Kampung Cilangkap.

Sebagai salah satu tokoh masyarakat disana, H. Asmin (67 tahun) dengan singkat mengatakan kalau masalah pembangunan wilayah biar saja yang muda-muda bergerak aktif. Yang tua cukup di belakang memberi semangat mereka.

“Pekerjaan betonisasi jalan dengan swadaya masyarakat dan bergotong royong sudah terealisasi sebanyak 5 titik, yaitu: 1) Kp. Cilangkap Rt.006/ Rw.08, 2) Kp. Poncol Rt. 001/Rw.06, 3) Kp. Cilangkap Jln. Makam, 4) Kp. Babakan Sabrang, 5) Cilangkap Rt.009/Rw. 08.” Pungkas Kang Yadi pada Gardatipikornews.com.

 

Reporter: Ts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *