IMG-20220917-WA0439-8edb9bb3
Kabar Utama

Siap Launching! Keluarga Besar YS2N Gelar Tasyakuran

31 Views

Kabupaten Bogor | Berawal dari keprihatinan komunitas masyarakat yang berasal dari berbagai wilayah di Kecamatan Cigombong terhadap kondisi lingkungan yang dikotori oleh sampah yang tidak terolah dengan baik, maka terbentuk lah sebuah wadah berpayung hukum yang bernama Yayasan Solusi Sampah Nusantara (YS2N), pada 17 Agustus 2022, yang berkedudukan di Kampung Muara, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Bogor Jawa Barat.

Hal tersebut dipaparkan Ketua YS2N Ade Nurdin, usai tasyakuran bersama warga, atas terbitnya legalitas hukum yayasan berupa akta notaris dan SK kemenkumham RI, serta tasyakuran demi lancarnya pelaksanaan launching yayasan, di kantor yayasan, Sabtu (17/09).

“Persoalan sampah di Indonesia merupakan hal krusial yang juga harus difikirkan penangananya oleh masyarakat, untuk membantu pemerintah. Terlebih, ketika sampah dikelola dengan baik, maka akan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bahkan bisa menjadi potensi usaha, yang akan menjadi sumber penghasilan tambahan”, paparnya.

Ade mejelaskan, program yang akan dilaksanakan yayasanya yakni pengelolaan sampah terpadu yang meliputi pemilahan antara sampah organik dengan sampah non organik, yang akan dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sampah organik akan dimanfaatkan sebagai pakan untuk budidaya magot. Dan sampah non organik akan dimanfaatkan menjadi berbagai jenis kerajinan tangan.

“Sampah non organik seperti plastik yang tidak terpakai untuk kerajinan tangan bisa dijual. Dan hasilnya bisa menjadi cuan untuk masyarakat umum, khususnya bagi anggota”, jelasnya.

Selain pengelolaan sampah, lanjut dia, YS2N juga akan mengembangkan berbagai jenis usaha berbasis lingkungan hidup, yang akan bersinergi dengan semua pihak. Baik sawasta maupun pemerintah. Demi mensejahterakan anggota, serta memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kecamatan Cigombong.

“YS2N berasal dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat”, tandasnya.

Peresmian YS2N itu ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh pengurus yayasan yang diserahkan secara simbolis kepada ketua yayasan, disaksikan oleh anggota, perwakilan pengurus wilayah dan pemerintahan desa, serta masyarakat.

 

Kontributor : Dani Qimonk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *